Tue, April 5, 2015 ( GMT + 8.00 )    |   Forget Password
kudahitam-euro-2016

Akankah Underdog menjadi Sang Kuda Hitam EURO 2016?

Sang Kuda Hitam EURO 2016 – Pada leg kedua Playoff Euro 2016 memastikan mereka lolos ke Prancis tahun depan setelah mereka memenangi leg pertama di markas Norwegia dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan atas Norwegia di Groupama Arena membuat masyarakat Hungaria larut dalam kebahagiaan. Kemenangan tersebut membawa gairah tersendiri bagi publik Hungaria karena kemenangan ini membawa mereka ke Euro setelah 43 tahun mereka absen dari kompetisi sepakbola terakbar di Benua Biru tersebut.

Langkah Hungaria untuk melenggang ke Paris bukanlah sebuah perjalanan yang mudah. Pada babak kualifikasi grup, mereka tergabung di Grup F yang berisikan tim-tim yang memiliki kekuatan yang hampir berimbang, sehingga sulit untuk menentukan siapa yang lolos ke putaran final.

Mereka nyaris saja tidak bisa memasuki babak playoff setelah hanya mampu mengumpulkan tiga kemenangan dari delapan laga. Namun berkat sedikit keberuntungan, Finlandia yang berada di posisi empat tertahan di dua laga terakhir sehingga mereka dipastikan masuk ke babak Playoff.

Memasuki babak playoff pun mereka tidak diunggulkan melawan Norwegia. Secara statistik mereka berada di bawah Norwegia yang tampil mengesankan di Grup H babak kualifikasi Euro 2016. Selain persoalan statistik, secara amunisi pemain pun Norwegia jauh lebih unggul daripada Hungaria.

Maklum saja tidak ada pemain tim nasional Hungaria yang bermain di Liga besar Eropa. Pemain terbaik mereka Balazs Dzsudsak hanya bermain bagi tim papan tengah Super Lig Turki, Bursaspor. Selain Dzsudsak, pelatih Bernd Storck hanya mengandalkan pemain dari liga lokal dan liga Polandia.

Posisi ini berbanding terbalik dengan Norwegia yang diperkuat pemain top liga Eropa. Beberapa pilar utamanya memperkuat tim-tim yang berkompetisi di Liga top Eropa seperti Martin Odegaard di Real Madrid, Markus Henriksen di AZ Alkmaar, Stefan Marius dari Glasglow Celtic dan masih banyak lainnya.

Meski tidak diunggulkan baik dalam segi statistik maupun dalam segi pemain, para punggawa Timnas Hungaria sukses menjawab semua keraguan tersebut dan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos dari babak Playoff Euro 2016 kali ini.

Jika kita melihat kilas balik kiprah Hungaria di Euro, mereka hanya sukses melaju ke putaran final sebanyak 2 kali dari 14 penyelenggaraan Euro. Hungaria hanya lolos ke putaran final Euro 1964 di Spanyol dan  Euro 1972 di Belgia. Meski menjadi tim yang tidak diperhitungkan pada dua Euro tersebut, mereka sukses tampil sebagai Juara ketiga di Euro 1964 dan Juara Keempat di Euro 1972.

Melihat catatan menarik tersebut, menarik untuk ditunggu apakah Hungaria akan kembali menjadi kuda hitam dan memberikan kejutan di Euro 2016 di Prancis nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *